Proses Pembuatan Jaket Alamamater

Proses Pembuatan Jaket Alamamater

Proses Pembuatan Jaket Alamamater

Buat Jaket Almamater – Sebenarnya apa sih almamater itu? Banyak yang salah paham tentang almamater. Almamater bukanlah sekedar jas atau pakaian atau blazer, melainkan suatu kata yang diambil dari bahasa yunani kuno “Alma Mater” yang berarti “Ibu Pengasuh”. Almamater ini sering digunakan dalam istilah pendidikan sebagai tempat menyelesaikan pendidikan atau tempat suatu perguruan, karena dahulu kala banyak orang tua yang menitpkan anaknya kepada pengasuh yang memberikan ilmu pengetahuan kepada anak – anak tersebut disebut dengan alma materatau ibu yang memberikan ilmu. Karena itulah almamater sering digunakan sebagai penanda bahwa seseorang sedang menempuh pendidikan disuatu perguruan atau sekolah. Tapi banyak juga yang menggunakan almamater sebagai penanda suatu kelompok atau organisasi.

Kali ini kita membahas tentang cara buat jaket almamater. Seperti apasih tahapan pembuatannya, dan bahan apa saja yang digunakan membuat jaket alamamater? Yuk simak artike berikut untuk selengkapnya.

Untuk buat jaket almamater dibutuhkan kemampuan yang telaten dan teliti. Jangan sampai mengecewakan pelanggan. Bahan yang digunakan haruslah dibuat senyaman mungkin dan pastikan agar logo instansi terpasang pada jaket. Membuat jaket ini terbilang cukup mudah bagi orang yang terampil.

Perencanaan

Seperti pekerjaan lainnya, tahp awalnya adalah perencanaan, mulai dari rencana metode apa yang akan digunakan, bahan yang digunakan, dan perencanaan lainnya.

Order(pesanan)

Sebelum membuat jaket kita juga harus memperhatikan apa yang di pesan oleh konsumen, dan menyesuaikannya.

Sample

Sebelum mebuat jaket almamater kita harus memahami logo dari suatu perguruan atau instansi hang memesan. Patikan bahwa logo yang akan dibuat benar.

Sketsa

Buatlah sketsa jaket seperti apa yang akan dibuat

Persiapan Bahan

Belilah kain yang sesuai dengan permintaan pelanggan. Bahan – Bahan yang digunakan untuk membuatb jaket almamater adalah Diadora, Adidas, Lotto, Kanvas, Jeans, Twist, Twill, Drill, Corduroy, Micro,  Parasut, Fleece, Babyterry,  Plu serta Ripstok.

Pemeriksaan Kain

Sebelum dipakai untuk pembuatan jaket, periksalah terlebih dahulu dengan dilihat ada kecacatan atau tidak.

Membuat Pola

Buatlah pola jaket diatas kain. Pastikan ukuran pola sesuai dengan pesanan pelanggan agar pas saat dikenakan.

Cutting(pemotongan)

Pada proses ini kain akan dipotong menggunakan mesin

Penjahitan (Sewing)

Penjahitan merupakan proses penyatuan bahan yang satu dengan yang lainnya agar layak dipakai. Saat menjahit menggunakan mesin, pastikan benang yang digunakan sangat kuat dan tidak mudah lepas.

Pemeriiksaan Kembali

Sebelum dinyatakan selesai, jaket akan diperiksa kembali agar terhindar dari kecacatan dan kekecewaan klien. Manager dan para pekerja haruslah teliti dalam memeriksanya.

Finishing (Proses Akhir)

Setelah selesai diperiksa dan tidak ditemukan adanya kecacatan, maka para pekerja harus membuang sisa sisa jaitan yang ada di jaket agar lebih nyaman dipakai. Jaket Almamaterpun siap dipakai. Tentu saja, sebelum diberikan kepada pelanggan jaket di setrika dan dilipat dengan rapih. Setelah selesai, pelanggan akan memastikan bahwa jaket yang dipesannya sesuai dengan pesanan awal.

Nah, begitulah  cara buat jaket almamater yang biasanya dibuat oleh perusahaan garmen atau konveksi jas dan jaket dari mulai perencanaan, sketsa, pola, pembelian kai, hingga finishing. Harga dan jaket sangatlah beragam tergantung kenyamanan si pemakai dan kain yang digunakan, kenyamanan dan kepuasan pelanggan harus dijadikan prioritas. Dan saat memesan pastikan perusahaan konveksi tersebut terpecaya agar tidak terjadi kesalahan. Begitulah artikel buat jaket almamateryang kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kalian semua yang membacanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *